Community 
Welcome

Welcome to the new home of the Wickliffe Schools Alumni Association.

WBDN

WBDN is back!

Live play-by-play coverage of all Blue Devil home games!

Listen to the broadcast and view the schedule

Facebook

Visit us on facebook.com and don't foget to give us a "Like"

Students 
Our Mission

WSAA strives to directly and immediately impact the lives of students and alumni while continuing to foster the spirit of community.

You are here > User Profile
My Profile Minimize
Profile Avatar
Makan Sehat untuk Anda yang Super Sibuk (2015)
*******
*******, ******* *******
Indonesia
Email: sylviaastuti8@gmail.com
Phone: *******
Cell: *******
Fax: *******
Website:
IM: *******

Semenjak Maret 2020, pemerintah Indonesia melakukan penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB sebagai upaya melandaikan kurva kasus penularan COVID-19. Penerapan ini menimbulkan banyak efek psikologis sebab paksaan penyesuaian kehidupan sosial karena pandemi COVID-19. Banyak orang memulai hidup dalam transisi yang mana sebagian besar merasa sulit mengikuti perubahan cepat ini. Untuk mereka yang pekerja harus menyesuaikan diri dengan melakukan perkerjaan dari rumah. 


Banyak pedagang berganti cara penjualan dari toko offline ke situs belanja online atau social media. Kaum muda yang sering beraktifitas di kafe-kafe harus sealu berada di rumah. Banyak pasangan menunda melakukan resepsi pernikahan sebagai pencegahan penularan virus corona. Menikah tanpa pesta yang tadinya tidak umum jadi terasa normal. 


Begitu juga dengan hal lain yang tampak kecil perlahan jadi kebiasaan, seperti cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker atau langsung ganti baju dan mandi ketika pulang dari bepergian. Untuk masker, banyak jenis yang bisa jadi pilihan. Sebut saja Elephant Mask yang memiliki fitur replacement filter, masker kain, masker N95, masker medis dan masih banyak lagi. Terbiasa dengan gaya hidup new normal ini dapat disebut sebagai keharusan. 


Ini juga mengingat vaksin COVID-19 belum ditemukan. Bila PSBB dilonggarkan atau dilonggarkan, Anda tetap harus melakukan upaya pencegahan penularan Corona Virus. Semua orang seakan-akan harus melakukan gaya kehidupan baru yang aman untuk bekerja, berinteraksi dan melakukan rutinitas harian. Psikolog klinis yang menulis buku The Psychology of Pandemics Steven Taylor mengatakan bahwa kita mungkin tidak benar-benar kembali dalam keadaan normal. 


Menurutnya, psikologis banyak orang akan terbiasa untuk jaga diri dari risiko tertular, juga merasa aman dengan gaya hidup baru ini. Mungkin sebagian dari Anda masih sulit menerima dan adaptasi dengan keadaan. Sebagian yang lain masih cari cara untuk dapat berkegiatan secara maksimal dengan melakukan physical distancing sebagaimana anjuran dari pemerintah.


Makan makananan sehat adalah salah satu hal yang wajib dilakukan untuk jaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja keuntungannya, makanan sehat juga memiliki dampak baik untuk mood Anda sehari-hari. Apa saja, sih, hidangan makanan sehat supaya tubuh selalu bugar? Haruskah ikut aturan makanan 4 sehat 5 sempurna yang telah melegenda dari dulu? 


Mungkin prinsip 4 sehat 5 sempurna sudah jadi slogan yang terus ada dalam ingatan Anda. Slogan ini juga mungkin telah Anda hafalkan dari kecil. Tetapi tahukah Anda bahwa slogan ini telah tidak dipakai lagi sekarang ini? Slogan ini mulanya muncul untuk kampanye pada tahun 1952. Semenjak itu, 4 sehat 5 sempurna selalu jadi prinsip utama jika ingin hidup sehat.


Kemudian seiring waktu berjalan dan berkembangnya ilmu pengetahuan, slogan ini kurang sesuai lagi dengan kehidupan pada zaman sekarang. Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan Indonesia sudah mengeluarkan penggantinya, yakni PGS atau Pedoman Gizi Seimbang. Prinsip konsumsi makanan ini memang baru dikeluarkan dan disahkan di tahun 2014 lalu, sehingga tidak banyak yang mengetahui bahwa 4 sehat 5 sempurna sudah tidak berlaku lagi. Berikut di bawah ini ada alasan mengapa slogan 4 sehat 5 sempurna sudah kurang pas dan digantikan dengan Pedoman Gizi Seimbang.

- Makan Sehat Saja Tidak Cukup


Mungkin dahulu Anda berpikir bila mau hidup sehat maka Anda tinggal melakukan prinsip makan 4 sehat 5 sempurna. Ini memiliki arti setiap makan harus ada makanan pokok, hidangan yang terdiri dari protein nabati dan protein hewani, buah, sayur dan susu sebagai penyempurnanya. Kenyataannya makanan bukan merupakan satu-satunya penentu kesehatan Anda. 


Memilih hidangan sehat saja tidak cukup untuk jaga kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. Dalam pedoman baru ini, dikatakan beberapa anjuran lain jika Anda ingin hidup sehat. Di antaranya olahraga rutin, memantau berat badan secara teratur, mengatur porsi makan, serta jaga kebersihan dan lingkungan sekitar.

- Lengkapi Nutrisi dengan Susu


Walaupun tidak wajib, susu dimasukkan dalam menu diet sehat Anda. Susu dapat membantu melengkapi keperluan nutrisi dari makanan Anda dalam satu hari. Bukan hanya kelengkapan nutrisinya, Anda dapat pilih susu yang rendah lemak dan bebas gula, sehingga asupan gula dan lemak harian Anda dapat tetap terjaga.

- Bahan Makanan Harus Bervariasi


Semakin banyak menu makanan sehat yang Anda konsumsi, semakin baik kandungan gizinya. Pada Prinsip Gizi Seimbang, ditekankan juga untuk mengonsumsi beragam jenis bahan makanan. Tidak hanya bergantung dengan satu jenis makanan saja, misalnya makanan pokok yang dapat diganti dengan mie, jagung, ubi, atau kentang harus nasi terus. Sedangkan dalam slogan yang terdahulu tidak ada pesan itu.

- Minum Air Putih yang Cukup


Dalam 4 sehat 5 sempurna, tidak dikatakan bahwa Anda harus konsumsi air mineral. Padahal, pemenuhan cairan sangat penting supaya menjaga kecukupan cairan dalam tubuh Anda. Cairan yang paling baik untuk pemenuhan kebutuhan Anda hanya air mineral. Oleh sebab itu, pada Pedoman Gizi Seimbang Anda dianjurkan untuk minum air putih paling tidak 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan masing-masing individu.

Copyright 2010 by Wickliffe Schools Alumni Association